mengayuh di pagi buta / by prasetya yudhaUntuk kedua kalinya, saya mencoba untuk ikut lomba foto. Yaah.bisa dibilang, lomba foto itu masih taraf kecil lah. Tapi, saya gagal. Hehehehehe. Lomba foto yang diadain Jurusan Teknik industri dan mesin univ. UGM itu mengambil tema “Keep the Taste Of Jogja”. Blog lomba itu ada di sini (Photion 2009). Lomba itu memperebutkan hadiah total Rp 600.000, -. Juara 1 dapet 300.000, juara 2 dapat 200.000 dan bagi juara 3 mendapatkan 100.000.

Hmm…kemaren saya diminta datang ke gedung HMTI (himpunan mahasiswa teknik industri) UGM buat presentasi foto saya, yang ternyata eh ternyata foto saya di atas masuk 10 besar. Dan saya kaget, ternyata yang menjadi juri adalah Pak Edial Rusli, fotografer dan salah satu dosen fotografi ISI jogja, beliau pernah ngadain pameran di Jepang lho. Hmm…stylenya mirip Arbain Rambey(fotografer kompas). Trus mbak Tyas NK (praktisi video rekam) dan terakhir, saya kaget ada mas reyhan, kakak angakatan saya di komunikasi UPN, dia angkatan 2006. Welah jan….

Kami diberi waktu 5 menit oleh panitia untuk memberikan presentasi, abis itu ketiga juri mengkritik foto kami. Nah, disitulah yang paling menarik bagi saya. Apalagi kritikan serta saran dari pak Edial Rusli yang pedas, menohok, dan membangun serta menggugah.

Tibalah waktu pengumuman, dan ternyata, saya tak satu pun mendapatkan juara…hohohohohoho….mengharap sekali. Hehehe.
Tapi juara satunya emang fotonya bagus kok, selamat deh buat para juara. 😀

Saatnya saya buat belajar lagi. Lebih banyak membaca, lebih banyak melihat, dan lebih banyak praktek. Semoga saya bisa lebih baik lagi. Amin…:D

*satu pelajaran berharga buat saya tentang mengikuti lomba foto yaitu :
saat kita memutuskan untuk ikut lomba foto, jangan pandang hadiahnya berapa dan berharap mendapatkannya, tapi cobalah untuk ikut lomba apa saja “tanpa pandang bulu” karena dengan mengikuti lomba foto, kita secara tidak langsung mengukur kemampuan diri kita sendiri sampai mana di bidang fotografi. Apalagi dengan tema yang ditentukan. Sampai mana kita ???
Hmmm..,dan bagi saya sendiri, ternyata saya belum ada apa-apanya. Hehehehehe.

Advertisements