bermain caturFoto di atas saya dapat saat saya hunting foto Pasar Ngasem , Yogya, kemaren lusa (12/2). Di dalam foto itu, terlihat dua orang bapak yang sedang bermain catur di sela-sela mereka berjualan. Sambil mereka menunggu pembeli, mereka bermain catur untuk sekedar mengisi waktu luang.

Damai sekali melihat kerukunan mereka. Walaupun mereka berbeda tempat jualnya, mereka tetap menunjukkan kerukunan dengan papan catur sebagai media penghubung mereka. Melihat mereka secara langsung di sana, serasa mendapatkan kedamaian karena mereka mengingatkan saya pada kehidupan sehari-hari saya. Dimana saya dengan tetangga rumah saya sendiri cuek-cuekkan. Mungkin karena perbedaan umur kami yang terpaut jauh. (tetangga saya rata-rata pensiunan). Namun, seharusnya itu bukan menjadi penghalang bagi saya untuk tetap care dengan mereka. Hmmm…saya juga sempat berfantasi, “seandainya saja juga para Partai politik (Parpol) yang akan bersaing di pemilu tahun ini juga bisa damai dan saling menghormati seperti mereka, baik partai politiknya, petinggi-petingginya, sampai massanya.”

