poo tay hieDi postingan sebelum-sebelum ini , pas lagi nyari foto buat headline KARYO dulu, saya akhirnya menemukan foto yang akhirnya cocok buat dijadikan headline koran kelompok kami yang akhrinya Sabtu kemaren sudah diterbitkan satu hari di UGM pada diklat jurnalistik 2009 yang diadakan oleh teknik industri UGM. Dari 2 foto yang saya dapet, akhirnya foto pertunjukkan wayang poo tay hie yang saya pilih.

Nggak mau njelasin alasan kenapa saya milih foto itu sebagai foto headline koran kelompok kami, tapi saya mau menceritakan akan kekaguman saya dengan pertunjukkan wayang asal Tionghoa itu.

Saat pertama melihatnya, satu kata yang mewakili perasaan saya, AMAZINE !! yap, mungkin karena saya baru pertama kali melihat pertunjukkan wayang yang seperti itu, jadi kekaguman saya seperti orang desa yang baru pertama kali datang ke Jakarta, hehehe..:D

Saat melihat pertunjukkan itu, saya teringat dengan film-film Cina yang saya lihat di waktu SD dulu dimana setip film action Cina yang saya lihat, di sana selalu ada pertunjukkan opera (versi orangnya wayang po tay hie). Huhuhu….

dibalik panggung

dibalik panggung

Pada malam itu, yang membuat saya tertarik dengan pertunjukkan wayang itu adalah cara pembawaan dalang wayang itu dan lighting yang ‘hidup’, membawa kita sebagai penonton ikut terbawa alur cerita pertunjukkan itu. Jangan samakan pertunjukkan wayang ini dengan wayang tradisional negara kita, saya akui berbeda sekali. Kalo ditanya lebih interest mana, saya jujur akan menjawab, Wayang Poo Tay Hie. Hehehe…”v…masalahnya nggak bikin ngantuk sih..hihihhi
Kemaren juga baru aja mbaca di TEMPO , kalo wayang yang diadakan dalam rangkaian pekan Budaya Tionghoa IV di Yogyakarta ini dalangnya bernama Sesomo (64) sebagai dalang inti dan Purwanto (43) sebagai dalang pembantu. Hmm..dalam pementasan wayang itu ada hal-hal yang mesti dilakukan. Setiap membuka permainan, dalang harus membuka permainan dengan bahasa Hokkian (bahasa Tionghoa) terlebih dahulu sebelum nanti saat masuk ke jalan cerita menggunakan bahasa Indonesia. Hmm..cukup unik. Ternyata banyak sekali keragaman budaya yang ada di dunia ini. Wayang Poo Tay Hie mungkin adalah satu dari ribuan kebudayaan yang ada di bumi ini.
Teman-teman ada yang pernah melihat pertunjukkan wayang dari Tionghoa ini mungkin ???

