world cupSeminggu yang lalu saya dibikin shock oleh suatu berita dimana diberita itu menyebutkan Amerika Serikat berniat untuk mencalonkan diri untuk jadi tuan rumah piala dunia 2022, dan untuk menjadi tuan rumah, AS harus bersaing dengan negara-negara lain seperti Australia, Rusia, Meksiko, Indonesia, Korsel, Jepang dan Qatar, juga duet Belanda-Belgia serta Spanyol-Portugal. Upss…tentunya temen-temen tahu alasan mengapa saya shock ?? yap ! lihatlah di antara negara-negara calon Host Piala Dunia 2022 itu, ada Nama Negara kita, INDONESIA !!! Itu berarti, Indonesia juga mencalonkan diri untuk jadi Tuan Rumah Piala dunia 2022 ?? “ahh..itu paling wartawannya salah ketik”, pikir saya saat pertama membaca berita itu.

Namun, keraguan saya tentang berita seminggu yang lalu itu salah. Kemaren (10/2), saya membaca Jawa Pos rubrik Olahraga, saya membaca besar-besar judul di salah satu kolomnya, “Piala Dunia Bukan Ide Gila”. Oh God ….ternyata Indonesia benar-benar serius jadi Host PD 2022 !!!! masih nggak percaya, saya pun membaca dengan khusyuk berita itu.

Dari berita kemaren itu, saya baru tahu kalo sebenarnya PSSI sebagai badan tertinggi sepakbola di negara kita sudah lama mencalonkan diri ke FIFA, tetapi baru secara resmi dipublikasikan ke publik, Senen (9/2) lusa, bertepatan dengan hari Pers Nasional. *Waaw….berarti nggak main-main nih PSSI !!!

Untuk mendukung rencana besar itu, PSSI sudah menyiapkan 13 Stadion, diantaranya Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Gelora Sriwajaya (Palembang), dan Palaran (Samarinda). Ngomong-ngomong, dana yang dibutuhkan untuk bisa memperbaiki semuanya (infrastruktur) kira-kira sebesar 8-10 Triliun Rupiah. Alamaaaakkkk!!!!!! Banyak bangeeeetttt !!!!! Dan semua dana nantinya akan ditangani oleh pemerintah. *Waaaaww……gilagilagila !!

Dalam pencalonan ini, Indonesia mengajukan tema Lingkungan, sebagai bahan jualan agar terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia (PD) 2022. Pemilihan tema itu karena melihat Indonesia sebagai paru-paru dunia. *Weww…..PD (percaya diri) juga ya PSSI.

Pemerintah melalui Adhyaksa Dault selaku Menteri Negara Pemuda dan olah Raga, mendukung penuh pencalonan Indonesia sebagai host PD 2022 mendatang, “Ini adalah harta yang berharga bagi bangsa Indonesia. Karena itu, pemerintah mendukung rencana besar PSSI ini”, tegas Adhyaksa seperti apa yang disampaikan di Jawa Pos kemaren (10/2).

Weeww..kalo dipikir-pikir sih, keren juga kali ya kalo seandainya Negara kita menjadi tuan rumah penyelenggaraan event seakbar PD 2022. Pikir deh, seandainya Indonesia bisa menjadi tuan rumah, artinya otomatis Indonesia juga menjadi salah satu dari tim yang akan bertanding di piala dunia bukan ??? karena tuan rumah akan mendapat tiket gratis lolos langsung ke putaran final Piala Dunia tanpa melewati babak kualifikasi sebelumnya. Artinya Indonesia akan bermain bersama Timnas sekelas Brazil, Inggris, Jerman, Argentina, Italia, dan Prancis yang menjadi peserta langganan Piala Dunia. Weewww….nggak bisa dibayangin !!

Hmm…tapi saya mesti bangun dari mimpi ini, saya mesti lihat realita !!! lihat deh, Indonesia sekarang perkembangannya gimana !! bukannya Indonesia dikenal sebagai negara yang tidak aman karena banyak teroristnya ?? bukannya misal PD 2022 jadi di Indonesia nantinya mungkin akan terjadi bom dimana-mana karena itu tentunya mejadi ladang bagi para terorist. Hahahaha…bisa terjadi kan seperti itu.

KEAMANAN menjadikan alasan pertama bagi saya sebagai penikmat sepakbola yang menyatakan pesismiss dengan pencalonan negara tersayangku ini menjadi Host PD 2022.
SAINGAN jadi alasan kedua saya. Lihat, siapa saingan Indonesia dalam pencalonan menjadi tuan rumah PD !! semua negara yang kaya, diakui, dan berprestasi sepak bolanya di tingkat Internasional. Bandingin deh, Indonesia dengan AS. Lalu, Indonesia harus bersaing dengan negeri adidaya lainnya semacam Rusia. 2 macan Asia, Korsel dan Jepang. Negara kaya minyak, Qatar, dan Negara yang sukses dengan Olimpiade Sidney thn 2000 silam, Australia. Oh God…!!

Tapi yasudahlah, bukannya kita sebagai warga biasa harus menghargai dan menghormati usaha PSSI dan Pemerintah untuk bisa mewujudkan cita-cita sangat besar itu. toh, nantinya misal cita-cita itu terealisasikan, keuntungannya akan kita dapatkan sendiri juga. Tapi rasa pesimiss itu tak bisa dihapuskan oleh diri ini. jujur saya pesimiss dengan rencana itu. kalo temen-temen gimana ?? apakah temen-temen optimis dan mendukung ide gila PSSI ini??? 😀

*gambar World Cup dari sini

Advertisements