Kenalkah temen-temen dengan Michael Phelps. Perenang muda asal Negeri Paman Sam yang tahun lalu pada Perhelatan Olimpiade Beijing memborong 8 medali emas? Masih ingat kan?

Phelps baru-baru ini tertangkap basah oleh kamera sedang menghisap ganja. Foto yg ditampilkan oleh Tabloid News of The world itu menampilkan Phelps yang sedang menghisap ganja menggunakan pipa bong. Kabar itu saya lihat di kompas Huff..sungguh mengherankan memang, seorang atlet berprestasi seperti dia (phelps) melakukan hal seperti itu.

Pemuda berusia 23 tahun itu seharusnya menjaga sikap karena sebagai seorang jawara tentunya dia menjadi panutan bagi seluruh atlet di seluruh dunia. Namun, yang dia lakukan malah hal yang semestinya tidak dia lakukan karena berdampak negatif. Tidak hanya dia, tapi tentu saja para penggemarnya.

Namun, dia ternyata masih bermental juara meskipun nama baiknya dan karirnya sudah terancam. Meskipun dia terancam sanksi skorsing tidak boleh mengikuti kejuaraan manapun selama 4 tahun, dia tetap mau gentle dan terima-terima saja. Dia mengakui kesalahannya, bahkan dia meminta maaf kepada para penggemarnya karena dia sudah melakukan hal yang tabu. Dan dia berjanji tak akan mengulanginya.

Hmm..berbuat salah dan mau mengakuinya adalah suatu hal yang sulit. Dengan ancaman sanksi skorsing 4 tahun yang membuat dia dipastikan tidak bisa ikut Olimpiade 2012 di London tentunya menjadi sebuah momok bagi atlet manapun. Tapi, dia harus menerima resiko dan bertanggung jawab atas perbuatannya. Bukannya itu sebuah hukum alam?!

Tapi yasudah, biarlah itu membuat dia jera, kita hanya bisa bercermin dari apa yang dia sudah lakukan. Sudah beranikah kita mengakui kesalahan kita dan mau meminta maaf atas kesalahan itu??

Advertisements