Waktu dikereta kemaren menuju Bandung, kira-kira jam 6 pagi, saya melihat suatu pemandangan yang nggak biasa.

Jadi, pagi itu, kereta lagi berhenti di Cibedeu (biasa, kereta ekonomi kan banyak berhentinya), nah, pas itu, saya yang baru dapat tempat duduk di gerbong belakang, dibuat kaget stelah kaca jendela kami digedor seorang anak kecil yang naik tiang listrik. Dia menggedor-gedor sambil meminta-minta. ‘mas, kasi uang mas..’..dan itu berkali-kali. Dia terus menggedor-gedor kaca.

Parahnya, ternyata diluar. Saat kami melihat di luar dari jendela, banyak banget anak-anak sekitar umur 6-12 tahun yang berdiri sambil mengulurkan tangan sambil meminta-minta.
Oh God..!!

Parahnya lagi, kami semua tak ada uang kecil, kami sudah menolak dengan halus, ‘maaf dek, nggak ada uang kecil’ dengan senyuman kami menolaknya. Tapi, dia terus saja menggedor kaca. Bahkan, waktu kereta kami berjalan, dia dan anak-anak yang lain berlari mengejar kami sambil terus meminta-minta. Ada apa ini?

Setelah kereta berjalan cepat meninggalkan mereka semua, kami semua tertegun. Kok bisa ya mereka segitunya? Bahkan salah satu temenku marah-marah. Dia marah bukan karena mereka meminta dengan cara memaksa, tapi dia marah karena dia tak tega melihat anak seumuran sgitu melakukan pekerjaan seperti itu. Bukannya jam segitu seharusnya mereka pergi ke sekolah, belajar untuk mencari ilmu setinggi-tingginya?!

Salah siapakah ini sehingga membuat mereka seperti itu?? Apakah ada pihak-pihak yang menyuruh mereka seperti itu?!

Sialnya, saking tertegunnya melihat pemandangan seperti itu kemaren, aku lupa buat mengambil gambar untuk sebagai bukti kejamnya dunia. (Alah).

Advertisements