Lagi – lagi ngomongin masalah blogging lagi. Nggak pernah ada bosennya kalau ngomongin masalah blog memang. Dari apa saja manfaat yang di dapat dari aktivitas ngeblog sampai kerugian yang kita dapat dari ngeblog itu sendiri.

Saya sendiri masih awam di dunia blog. Namun, sampai sekarang, saya masih mau belajar untuk bisa lebih baik di aktivitas ngeblog itu sendiri (walau blog saya masih sederhana-dari isinya, cara nulis, bahakan theme blognya sendiri). Dengan melihat blog orang lain dengan cara blogwalking, saya bisa menemukan banyak sekali beraneka ragam blog dari yang standar-standar saja sampai yang bagus. Dari yang sepi pengunjung (comment) sampai yang ramai pengunjung,

Saya punya sebuah blog yang belum genab berumur satu bulan. Sampai sekarang, saya masih berusaha buat megembangkannya dengan terus mengupdate posting saya. Sampai saat ini saya masih mengusahakan satu posting tiap hari (meskipun masih belum “berisi”).

Meskipun bisa dikatakan blog yang berjudul “Behind The Scene” ini gemuk karena selalu saya isi dengan satu postingan tiap harinya (terhitung sampai sekarang), saya masih merasa blog saya ini belum bergizi. Belum bergizi karena dalam setiap postingan saya itu saya masih belum memberikan manfaat kepada para pembaca.

Mungkin perlu jam terbang yang lebih tinggi lagi buat saya untuk bisa menghasilkan tulisan yang bermafaat seperti Pepih Nugraha atau Achmad Subechi di kompasiana.com. Kapan ya kira-kira saya bisa mengahasilkan tulisan yang bermanfaat seperti beliau-beliau ini ???

