Rabu malam kemaren, menyaksikan tim nasional bertanding, rasanya hati ini sedih, tapi juga bangga. Sedih karena tim kita susah untuk mencetak gol untuk menang, dan bangga karena melihat perjuangan anak-anak bangsa yang dengan sangat gigih untuk jatuh bangun menjaga ‘gawang bangsa’ agar tidak kebobolan.

Meskipun hasil 0-0 cukup membanggakan karena lawan yang kita hadapi adalah Tim sekelas Australia, tapi bagiku hasil itu malah mengecewakan.

Aku bukannya kecewa dan tidak menghargai perjuangan anak-anak bangsa yang bertanding di atas lapangan Bung Karno kemaren. Namun, aku kecewa dengan keseluruhan prestasi yang tim kita dapatkan. Dari hasil 2 pertandingan pra kualifikasi Piala Asia 2012 ini, tim kita meraih 2 hasil seri dan kesemuanya didapat dengan skor 0-0. Artinya meskipun kita tidak kebobolan tapi kita tidak bisa mencetak gol, bagaimana mau menang kalo mencetak sebuah gol saja kita tidak bisa ?!

Tolak ukur persepak bolaan negara kita juga harus dilihat dari prestasi tim kita di Turnamen sebelumnya (Piala AFF) dimana kita hanya bisa mencapai semifinal sebelum ditaklukkan Timnas Thailand

Melihat dari hasil kemaren, dimana kita sangat susah untuk mencetak gol dan meraih kemenangan, sebenarnya dimana letak kesalahan Timnas Kita ini?!

Kekalahan 2-0 dari Singapura dikandang kita menjadi tamparan bagi Timnas kita. Kalo di kawasan paling sempit (ASEAN) saja kita tak bisa menyaingi Vietnam (JUARA AFF 2008), Thailand, Singapura, dan selalu kesulitan menghadapi Malaysia, bagaimana kita mau menatap lebih jauh lagi untuk bermimpi menjadi Juara Asia mengalahkan adidaya Jepang, Cina, Arab Saudi, dan Iran serta Irak sebagai Juara bertahan event lalu? Bagaimana kita berani bermimpi?? Bahkan untuk bermain di Turnamen sekelas piala dunia pun, aku nggak berani.

Salah siapa kah ini?

Mungkin dalam postinganku kali ini aku tidak mencoba untuk memecahkan masalah, tapi dalam postinganku kali ini aku mencoba untuk meluapkan rasa kecewa dan duka yang ada di jiwa ini. Maap sebelumnya.

Advertisements