‘Jadilah Manusia Yang Bermanfaat’

Mungkin kalimat itu sudah nggak asing lagi didenger temen-temen. Manusia hidup di dunia ini memang harus bermanfaat. Berusaha untuk selalu berguna dimana pun dia berada. Dari bermanfaat di lingkungan keluarga, masyarakat, maupun negara.

Opiniku tentang manusia yang bermanfaat itu mungkin masih dangkal, tapi kata-kata jadilah manusia yang bermanfaat itu sampai sekarang masih mengganggu pikiranku.

Bercermin melihat diriku sendiri, rasanya bertolak belakang sekali dengan kalimat pertama di atas tadi. Aku melihat diriku sendiri rasanya malu. Entah kenapa akhir-akhir ini, aku nggak bisa membuat lingkungan disekitarku menjadi ‘nyaman’ karena kehadiranku. Nyaman dalam artian dimudahkan pekerjaannya dengan adanya aku disamping mereka.

Tapi kenyataannya, rasanya,aku malah menjadi pengrusuh hidup mereka. Aku berpendapat seperti itu karena aku melihat apa yang aku lakukan tidak mencermikan sikap kooperatif atau saling membantu. Aku masih terlalu mementingkan diriku sendiri sehingga membuatku cuek dengan keadaan sekitarku.

Itu bisa dilihat dari malasnya aku ketika kakakku ingin aku melakukan sesuatu. Misal saja, membelikan makanan untuknya. Aku terlalu egois sehingga aku ogah-ogahan buat keluar rumah dan rela-relain menunggu makanan atau apalah. Egois bukan??

Memang, contoh tadi merupakan salah satu contoh sepele, tapi kalo hal yang kecil seperti itu saja aku dah ogah-ogahan, gimana hal yang besar, mungkin seperti membantu korban bencana. Ahh..kalo yang deket-deket aja aku nggak bermanfaat bagaimana aku bisa tulus ikhlas buat menjadikan diriku bermanfaat diluar sana?? Huff..

Entah sampai kapan aku seperti ini. Aku termasuk tipe orang yang suka-suka. Suka-suka aku donk aku mau ngelakuin apa, suka-suka aku donk aku mau ngasih apa, dan suka-suka lainnya. Arrgh..

Sebenarnya benci juga dengan sifat yang seperti ini, pinginnya sih ku buang ke laut aja ni sifat!! Tapi nggak mungkin kan??
Huff..

Jadi mungkin ini adalah pembahasan yang nggak ada jawabannya karena aku sendiri nggak bisa menjawabnya. Mungkin temen-temen mau ngasih saran supaya aku bisa menghilangkan sifat egoisku itu?? Huff

Advertisements