menyepi

menyepi

Dingin merayap. Itu hawa yang kurasain kemaren pas lagi hunting photo malam di alun-alun uTara, Yogya. Berangkat jam delapan malem dari rumah, aku sampai di sana jam stengah 9. ‘Kok Lama?’,he5, di jalan aku jalannya pelaaan banget jack, jadi ya lambreta sampainya.

Setelah memarkirkan kendaraanku di depan Monumen 11 Maret, aku jalan ke Alun-alunnya. ‘kok nggak markir di Alun-alun aja?’, biasa, ngirit jack, jadinya ya nyari yang gratisan, hehe, ku parkir deh tu motor disana, walaupun nggak ada yang njaga (tukang parkir), cuek aja, lagian di sana rame, banyak orang yang nongkrong di sana, hehe, jadi tenang aja.

penjual minuman

penjual minuman

Bis markir dan mengeset hati dan mata jadi peka Mode oN, aku menuju alun-alun utara yang malam itu ada acara Sekatenan (pasar malam). Bawa tas pinggang favoritku yang didalaemnya udah ada kamera ma lensa 50 ku, aku jalan muterin alun-alun. Banyak banget permainan yang ditawarin di sana. Ada komedi putar, ombak, dan lainnya. Komplit dah ‘permainan Wong Cilik’ yang ada di sana. Sebelum berangkat dari rumah, dalam bayang-bayangku, aku bakal dapet banyak obyek foto di sana, tapi sesampainya di sana, keadaan di sana tak seperti apa yang aku bayangkan. Sulit banget buat dapetin obyek ‘bagus’. Foto Bagus dalam artianku sendiri adalah bisa bercerita dan komposisinya pas. Setelah muter-muter kesana-kemari hampir satu jam, aku cuma dapet 3 moment yang kuanggap itu bagus. ‘Menyepi’, ‘pedagang minuman’, ‘mana bolaku’ merupakan 3 foto yang ku anggap itu bagus dan hanya itu saja yang ku capture.

mana bolaku ???

mana bolaku ???

Dari perjalanan hunting ku kemaren malam, aku dapet 2 pelajaran yang mungkin bermanfaat buatku sendiri dan teman-teman yang membaca postinganku ini.
Jadi belajar dari pengalaman misal mau melakukan hunting di suatu acara adalah :
1. Datang lebih awal.
Misal acaranya dari jam 7-9, datang aja jam stengah 7, ‘buat apa?’ ya itu bisa ngasih kesempatan kita buat ‘berkenalan’ dengan lapangan.
2. Jelajahi semua tempat Lokasi
Jadi misal seperti di Alun-alun utara yang masih ada acara sekatenan seperti tadi malam, jelajahi semua sudut lapangan, kalau perlu, berputar-putar sampai 10 x..belajar dari kesalahanku yang saat kemaren udah datang kemalaman, muter cuma 2 x pula, dan hujan pula kemaren..jadi yaudah, karena pingin nonton Indonesia ma Oman, aku pulang jam 10..hehehe

Tapi yaitulah, belajar dari 2 pengalaman itulah, aku besok must better lagi misal ada kesempatan buat hunting event lagi dan bisa menghasilkan karya yang lebih natural lagi. Keep Hunting dah!

Street Hunting Project By Prasetya Yudha

Advertisements